RAID? Apaan Tuch... Bagian 3 : Kesimpulan

04-Oktober-2003       Info IT

 

Kesimpulan

Setelah melakukan uji coba, maka kita mendapatkan hasil bahwa dugaan kalau RAID belum tentu meningkatkan unjuk kerja secara drastis ternyata benar adanya. Secara garis besarnya dapat disimpulkan PLUS-MINUSnya penggunaan RAID dibawah ini.

Plus:

  • RAID membuat loading file berukuran besar menjadi jauh lebih cepat
  • RAID membuat proses penginstallan Windows lebih cepat
  • RAID membuat proses backup lebih cepat & praktis (karena proses duplikasi dilakukan sambil jalan)

Minus:

  • RAID tidak membuat loading Windows menjadi jauh lebih cepat (tidak terasa perbedaannya)
  • RAID tidak membuat Windows beroperasi lebih cepat (tidak terasa perbedaannya)
  • RAID tidak membuat booting menjadi lebih cepat, tapi malah membuat booting 2X lebih lama
  • RAID tidak membuat loading Aplikasi & Game menjadi jauh lebih cepat (tidak terasa perbedaannya)
  • RAID tidak akan meningkatkan framerate Game sama sekali
  • RAID tidak membuat komputer anda menjadi lebih cepat
  • RAID membuat anda harus mengeluarkan uang utk membeli harddisk lagi (ini pasti terasa).

Jadi bila anda tdk menggunakan computer anda utk keperluan video editing, desktop publishing, dan Sound editing, maka jelas RAID jelas bukanlah utk anda. Para gamers juga tidak akan mendapatkan manfaat yg berarti dgn menggunakan RAID, karena waktu loading game akan terasa sama seperti biasanya.

Meskipun proses penginstallan windows terasa agak lebih cepat (sewaktu proses pengcopy-an file) namun setelah Windows terinstall, proses loading Windows tdk akan menjadi lebih cepat. Ini karena sewaktu loading Windows, data-data yg diproses berukuran kecil-kecil.Bahkan RAID malah akan membuat waktu booting menjadi lebih lama karena adanya proses inisialisasi oleh BIOS dari chip RAID tersebut.

Jadi berguna atau tidaknya RAID tergantung pada bidang kegiatan apa yg anda geluti. Bila anda sering berhubungan dgn pemrosesan file-file video, gambar, suara, maka RAID cocok utk anda. RAID juga akan sangat berguna bila anda sering berhubungan dgn data-data penting yg harus ada backupnya.

Yang jelas jangan sampai anda membeli 1 harddisk extra hanya demi mendapatkan konfigurasi RAID yg belum tentu bermanfaat bagi anda. Namun bila penambahan harddisk tsb dgn embel-embel penambahan kapasitas sekaligus mencoba RAID maka boleh juga dilakukan. Meski demikian perlu diingat bahwa pada pada penggunaan RAID 0 tsb bila sebuah hardisk rusak maka seluruh data di kedua hardisk anda akan lenyap.

Sampai disini artikel yang kita bahas ini semoga dapat berguna bagi para netter sekalian, sebelumnya kami ingin mengingatkan untuk para netter yang berminat untuk mencoba-coba menggunakan HDD dengan teknologi RAID harap membaca baik-baik manual atau buku petunjuk yang disertakan pada saat pembelian motherboard atau card RAID atau di dampingi oleh ahli yang berpengalaman agar dapat mencegah terjadinya kesalahan yang tidak diinginkan.

Dibuat oleh : Deegee

 

Copyright © Wiliam, 2018 - All rights reserved