OpenDNS - berselancar di internet dengan aman, cepat, pintar dan lebih bisa diandalkan

06-April-2008       Internet

 

Informasi mengenai apa itu DNS bisa dilihat di sini: http://id.wikipedia.org/wiki/DNS

Untuk singkatnya, DNS adalah suatu sistim yang menterjemahkan alamat URL / situs ( misalnya situs ini www.wiliam.info ) menjadi alamat IP ( misalnya alamat IP situs ini adalah 103.29.214.247 ).

DNS Server adalah server komputer yang melayani permintaan DNS. Setiap provider internet pasti mempunyai server DNS-nya sendiri. Kita sebagai pengguna internet provider tersebut, biasanya sudah secara otomatis atau sudah disettingkan oleh provider yang kita gunakan untuk diarahkan menggunakan Server DNS mereka.

Pada kenyataannya, kita bebas menggunakan server DNS siapa saja selama server tersebut dibuka aksesnya untuk digunakan oleh umum.

OpenDNS adalah penyedia DNS Server alternatif yang bisa kita gunakan secara bebas. Jika DNS Server provider kita sedang dalam perbaikan, kita tidak bisa menggunakan internet dan selalu keluar pesan: Server not found ( jika menggunakan Mozilla FireFox ). OpenDNS meng-klaim bahwa DNS Server mereka tidak pernah mati ( zero down time ).

Untuk menggunakan OpenDNS adalah cukup dengan mengubah setting DNS Anda secara manual ke IP OpenDNS yaitu:

208.67.222.222 dan 208.67.220.220

Berikut ini saya sampaikan langkah-langkah cara mengubah setting DNS pada Windows XP untuk akses internet melalui LAN Card (dengan router / internet sharing):

  1. Klik "Start" -> "Setting" -> "Control Panel"
  2. Pilih "Netwok Connections"
  3. Klik kanan "Local Area Connection" lalu pilih "Properties"
  4. Pilih "Internet Protocol (TCP/IP)" lalu klik "Properties"
  5. Pilih tanda titik disebelah "Use the following DNS server address"
  6. Isikan IP Open DNS 208.67.222.222 pada kolom "Preferred DNS server" dan 208.67.220.220 pada kolom "Alternate DNS server"
  7. Klik "OK" lalu "Close" pada "Local Area Connection"

Selamat, Anda telah sukses menggunakan OpenDNS sebagai DNS server Anda !!!

 

Copyright © Wiliam, 2017 - All rights reserved