Kategori Burung Berkicau

20-September-2002       Burung Berkicau

Nasruddin memuati keledainya dengan dua karung garam untuk dibawa ke pasar. Garam itu larut ketika keledainya menyebrangi sungai. Sesampainya di tepi, binatang itu berlari-lari berputar dengan girang, karena bebannya menjadi ringan.

20-September-2002       Burung Berkicau

'Apa yang kau lakukan?' tanyaku kepada seekor kera, ketika aku melihatnya sedang mengangkat ikan dari air dan meletakkannya di atas sebatang pohon.

20-September-2002       Burung Berkicau

Nasruddin menjadi perdana menteri raja. Sekali peristiwa, ketika ia berkeliling istana, ia melihat, untuk pertama kalinya dalam hidupnya, seekor burung elang milik raja.

19-September-2002       Burung Berkicau

Seekor Gajah berkubang dengan santainya di sebuah kolam di tengah hutan. Tiba-tiba seekor tikus mendekatinya. Ia menyuruh gajah itu supaya segera keluar dari kolam.

18-September-2002       Burung Berkicau

Konon seorang suci pernah diberi karunia dapat berbicara dengan bahasa lebah. Ia pun mendekati seekor yang tampaknya paling pandai dan bertanya: 'Seperti apakah Yang Mahakuasa itu? Apakah Ia mempunyai kesamaan dengan lebah?'

18-September-2002       Burung Berkicau

Benak para murid dipenuhi macam-macam pertanyaan tentang Tuhan.

17-September-2002       Burung Berkicau

Uwais, seorang Sufi*, pernah ditanya: "Apakah makna rahmat bagi Anda?" Jawabnya: "Setiap kali bangun pagi, aku merasa cemas, apakah aku masih akan hidup petang nanti."

17-September-2002       Burung Berkicau

Seorang murid mengeluh kepada Gurunya: "Bapak menuturkan banyak cerita, tetapi tidak pernah menerangkan maknanya kepada kami."

Copyright © Wiliam, 2018 - All rights reserved