Kategori Burung Berkicau

02-Oktober-2002       Burung Berkicau

Buddha pernah ditanya: 'Siapakah yang disebut orang suci?' Jawabnya: 'Setiap jam terbagi atas sejumlah detik tertentu, dan setiap detik ada bagian-bagiannya lagi.

30-September-2002       Burung Berkicau

Tidak ada seorang murid Zen pun yang berani mengajar, sebelum ia pernah hidup bersama Gurunya paling sedikit sepuluh tahun lamanya. Tenno, sesudah berguru selama sepuluh tahun, menjadi seorang pengajar.

30-September-2002       Burung Berkicau

Choko, anjingku, duduk dengan penuh perhatian. Telinganya tegak, ekornya mengibas tegang dan matanya memandang tajam ke atas pohon. Ia mengamati gerak-gerik seekor kera. Hanya satu yang menguasai seluruh kesadarannya: kera.

30-September-2002       Burung Berkicau

Ketika seorang guru Zen mencapai penerangan budi, ia menulis baris-baris berikut ini untuk memperingatinya: 'Wahai, keajaiban yang mengagumkan: Aku memotong kayu! Aku menimba air dari sumur!'

30-September-2002       Burung Berkicau

Orang Hindu memperkembangkan suatu gambaran yang indah mengenai hubungan antara Tuhan dan ciptaanNya. Tuhan 'menarikan' ciptaanNya. Ia adalah sang Penari dan ciptaan adalah tarianNya.

28-September-2002       Burung Berkicau

'Maaf kawan,' kata seekor ikan laut kepada seekor ikan yang lain. 'Anda lebih tua dan lebih berpengalaman daripada saya. Di manakah saya dapat menemukan laut? Saya sudah mencarinya di mana-mana, tetapi sia-sia saja!'

22-September-2002       Burung Berkicau

Sang Guru ditanya: 'Apakah kerohanian itu?' Jawabnya: 'Kerohanian yang sejati adalah kerohanian yang berhasil membuat orang melakukan perubahan hati.'

20-September-2002       Burung Berkicau

Sekalian orang tercengang-cengang ketika melihat Mullah* Nasruddin menelusuri lorong-lorong seluruh kampung dengan keledainya.

Copyright © Wiliam, 2018 - All rights reserved